Jumat, 28 September 2012

TOPI SAYA


TOPI SAYA

Topi saya bundar
Bundar topi saya
Kalau tidak bundar
Bukan topi saya

Topi saya bundar, lebar
Bundar, lebar topi saya
Kalau tidak bundar, lebar
Bukan topi saya

Topi saya bundar, lebar, terbang
Bundar, lebar, terbang topi saya
Kalau tidak bundar, lebar, terbang
Bukan topi saya


Topi saya bundar, lebar, terbang, kecanthel,
Bundar, lebar, terbang, kecanthel,  topi saya
Kalau tidak bundar, lebar, terbang, kecanthel,
Bukan topi saya

Topi saya bundar, lebar, terbang, kecanthel, sobek,
Bundar, lebar, terbang, kecanthel, sobek, topi saya
Kalau tidak bundar, lebar, terbang, kecanthel, sobek,
Bukan topi saya

Topi saya bundar, lebar, terbang, kecanthel, sobek, jatuh, 
Bundar, lebar, terbang, kecanthel, sobek, jatuh, topi saya,
Kalau tidak bundar, lebar, terbang, kecanthel, sobek, jatuh,
Bukan topi saya

5   5  3   1    3   2       3   2      3   2      3   2         3   2         3   2        3    2          
Topi saya bundar, lebar, terbang, kecanthel, sobek, jatuh, ngglundhung,
3      4      3    4     3     4     3    4      3   4          3  4          3      4           6  5  4  3
Bundar, lebar, terbang, kecanthel, sobek, jatuh, ngglundhung, topi saya,
5     5  3   1     3  2       3   2    3   2         3   2      3     2         3   2      3       2
Kalau tidak bundar, lebar, terbang, kecanthel, sobek, jatuh, ngglundhung,
  1    7  5  6   7  1
Bukan topi saya


Klik menuju ke: Lagu Topi Saya

Dan seterusnya .............

 Cara memainkan lagu ini:
1.       Perhatikan lirik lagu Topi Saya di atas, dasarnya adalah lagu Topi Saya Bundar.
2.       Bait satu nyanyikan secara wajar, iringi dengan gerakan tangan sewajarnya juga. Yaitu, pegang kepala saat bunyi topi, pegang dada saat bunyi saya, peragakan benda bundar di depan dada saat kata bundar, goyang-goyangkan telapak tangan menghadap ke depan, di depan dada saat kata kalau tidak dan bukan. Bagai anak TK.
3.       Pada bait ke dua dan seterusnya, perlu kecermatan dalam hal nada atau bunyi. Saat sampai pada setiap kata tambahan maka nadanya atau bunyinya tetap! Lihat bait ke 7, kurang lebih begitulah not baloknya! Beri jeda yang cukup antara baris satu dengan baris dua.
4.       Gerakan tangan sebagai peragaan pada kata tambahan, yang biasa kami lakukan adalah demikian:
a.       Lebar = seperti pada kata bundar tapi diperluas sampai di depan-atas kepala.
b.      Terbang = tangan kanan diangkat lurus, sampai di atas kepala
c.       Kecanthel = lanjutan dari gerakan terbang, tangan kanan, jari telunjuknya ditekuk, lalu turunkan seperti lengkung kaki payung tersangkut di paku.
d.      Sobek = telapak tangan bertolak belakang di depan dada, tarik bersamaan, tangan kanan ke kanan, tangan kiri ke kiri, seperti orang menyibak air.
e.      Jatuh = lanjutan dari gerakan sobek, kedua telapak tangan dibalik, ditelentangkan seperti benda jatuh
f.        Ngglundhung = tangan kanan tarik ke arah badan lalu seakan lemparkan horisontal ke luar, seperti orang mengusir sesuatu
5.   Sebaiknya setiap menambah kata/gerakan atau berganti bait, ada jeda untuk menerangkan tambahan kata baru sekaligus gerakan yang harus dikuasai anak-anak.
6.   Nyanyikan dan mainkan lagu ini bait demi bait, setahap demi setahap. Sebaiknya jangan langsung dengan banyak gerakan. Tidak setiap anak dapat melakukannnya dengan urut dan benar.




Tidak ada komentar: