Sabtu, 27 Desember 2014

HARI RELAWAN INTERNASIONAL

HARI RELAWAN INTERNASIONAL
Toto Endargo
   Penghargaan yang luar biasa terhadap para Relawan sehingga minimal ada dua hari peringatan yang kita kenal mengandung kata Relawan: "Hari Relawan Internasional" dan "Hari Sukarelawan PMI". 
   Tulisan ini dimaksudkan untuk sedikit mengenal hal "Hari Relawan Internasional". Salah satu hari peringatan yang berskala internasional dan melibatkan Relawan.
United Nations Volunteers (UNV)
   Relawan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Volunteers (UNV) adalah sebuah program PBB yang mengadvokasi peran kesukarelaan atau volunterisme dalam pembangunan. 
   Mengintegrasikan para relawan dalam program-program pembangunan, dan memobilisasi para relawan dalam proyek-proyek pembangunan.
Tugas Relawan 
   Relawan PBB membantu pelaksanaan pemilihan umum dalam skala lokal maupun nasional, hingga menjadi tenaga bantuan di berbagai proyek kemanusiaan maupun penjaga perdamaian. 
   Relawan PBB dibentuk oleh Majelis Umum PBB dan dioperasikan oleh Program Pembangunan PBB (UNDP), bermarkas besar di Bonn, Jerman dengan dua kantor penghubung di Tokyo, Jepang dan New York, Amerika Serikat.
   Relawan PBB secara langsung memobilisasi lebih dari 7.500 orang setiap tahunnya. Semenjak pertama kali didirikan pada 5 Desember 1971, Relawan PBB telah melibatkan lebih dari 50.000 relawan untuk bekerja di lapangan dalam berbagai aspek pekerjaan di negara berkembang.
Rekrutmen
   Para kandidat Relawan direkrut dari negara maju maupun dari negara berkembang. Lebih dari 75% Relawan PBB berasal dari negara berkembang, dan lebih dari 40% Relawan ditugaskan di negaranya sendiri. 
   Relawan PBB juga mengoperasikan Layanan Relawan Online, sebuah situs web yang dibangun untuk Lembaga Swadaya Masyarakat dan proyek-proyek yang terhubung dengan PBB untuk merekrut dan melibatkan Relawan online pada berbagai pekerjaan.
Hari Relawan Internasional

   Relawan PBB merayakan Hari Relawan Internasional pada tanggal 5 Desember setiap tahunnya. Hari Relawan Internasional ini merupakan bagian dari hari-hari peringatan PBB untuk memberikan kesempatan kepada berbagai Organisasi Sukarelawan dan juga para Relawan individu untuk menunjukkan hasil kontribusi mereka pada tingkat lokal, nasional maupun internasional, dalam upaya mencapai Tujuan Pembangunan Milenium.
   Dalam setiap memperingati Hari Relawan Internasional, Relawan PBB berupaya untuk menunjukkan pentingnya menjadi relawan dan mencoba membangun diskusi global untuk mengatasi masalah-masalah volunterisme di dunia.
Tujuan Pembangunan Milenium

   Tujuan Pembangunan Milenium sering disebut Millennium Development Goals atau disingkat MDGs adalah Deklarasi Milenium hasil kesepakatan kepala negara dan perwakilan dari 189 negara Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).
   Pemerintah Indonesia turut menghadiri Pertemuan Puncak Milenium di New York tersebut dan menandatangani Deklarasi Milenium itu pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium di New York pada bulan September 2000.
   Tantangan utama dalam pembangunan di seluruh dunia yang terurai dalam Deklarasi Milenium, dan diadopsi oleh 189 negara serta ditandatangani oleh 147 kepala pemerintahan dan kepala negara berisi komitmen bahwa negara masing-masing dan komunitas internasional untuk segera mencapai delapan tujuan pembangunan dalam milenium ini, sebagai satu paket tujuan yang terukur untuk pembangunan dan pengentasan kemiskinan, yaitu:
  1. Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan;
  2. Mencapai pendidikan dasar untuk semua;
  3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan;
  4. Menurunkan angka kematian anak;
  5. Meningkatkan kesehatan ibu;
  6. Memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit menular lainnya;
  7. Memastikan kelestarian lingkungan; 
  8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.
   Dengan tulisan ini dapat dibedakan antara “Hari Relawan Internasional” yang jatuh pada tanggal 5 Desember dengan “Hari Sukarelawan PMI” tanggal 26 Desember.
   Semoga bermanfaat.

Baca juga : Hari Sukarelawan PMI


Tidak ada komentar: