Selasa, 30 Oktober 2012

HALANG RINTANG (1)

Halang Rintang (1) Tembok



Setiap kegiatan akan memiliki kesan tersendiri bagi pembina dan tentu saja bagi siswa. Bagi pembina kegiatan yang bersifat rutin tentu kadar kesan semakin berkurang, namun bagi siswa setiap kegiatan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan seumur-umur karena kegiatan tersebut mungkin dilakukannya hanya sekali seumur hidup.

Kali ini saya akan menuliskan kegiatan yang pernah kami lakukan bersama para siswa, utamanya dalam kegiatan PMR, bentuknya Halang Rintang (HR). Kegiatan ini diadaptasi dari Lomba PPPK-KSR, jaman sebelum ada Jumbara.

Rencanakan beberapa Pos Kegiatan dimulai dari Pos Perawatan sampai Pos Tenda Ponco. Di antara pos-pos tersebut usahakan ada pos yang sesuai dengan keinginan kita, syukur bersifat alami, bukan bikinan dadakan, udu ndadak gawe
Jangan terlalu serius dengan aturan yang ada. Kegiatan bagi siswa adalah kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, bersifat rekreasi, namun demikian  harus tetap dibingkai dengan etika, tertib dan disiplin.

Pedoman utama kegiatan yang bersifat massal adalah keselamatan, kenyamanan, menyenangkan dan ada kebebasan bagi mereka untuk menunjukkan kemampuan maksimal. Tiap pos harus ada pembina yang serius memikirkan dan menjaga keamanan dan keselamatan siswa.


Halang Rintang – Tembok

Setelah siswa merawat pasien dan membuat dragbar maka gunakan dragbar untuk mengangkut pasien. Dragbar biasanya diangkut oleh empat orang.

1.  Tembok sebagai HR, kira-kira tingginya 100 cm – 150 cm.
2. Tembok harus kuat untuk dilompati, atau untuk menaruh dragbar.

Aturan umum:
1.  Pasien tetap di tandu, kepala pasien berada di depan
2. Selama melewati tembok dragbar tetap dalam keadaan lurus, artinya depan dan belakang tetap sama tinggi.
3. Seluruh anggota regu harus melewati tembok tersebut, tidak boleh ada yang memutar, atau tidak mau melompat.
4. Pengaturan bagaimana agar dapat melewati tembok dengan cepat dan mulus, para siswa biarkan berdiskusi atau pernah berlatih diluar arena yang sekarang.

Semoga bermanfaat!





  




 

Tidak ada komentar: